Random

Senin, 18 Juni 2012

Download Skripsi Lengkap Bab 1 Tentang Hubungan Orang Tua terhadap Prestasi belajar anak

Download Skripsi penelitian gratis pendidikan matematika dengan judul
Hubungan antara perhatian orang tua dan cara belajar yang efisien terhadap prestasi belajar statistik siswa semester I kelas XI IPA SMA tahun ajaran 2011/2012

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang masalah
Negara Republik Indonesia adalah Negara yang berkembang, Negara yang mulai maju baik dalam teknologi maupun sumber daya manusia. Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penentu majunya bangsa Indonesia. Dari pernyataan di atas sangat penting adanya upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia adalah dengan peningkatan mutu di bidang pendidikan seiring dengan tujuan bangsa Indonesia yang termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea IV yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dalam hal ini pendidikan sangat berperan dalam pencapaian tujuan pendidikan di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Pendidikan merupakan hal penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, baik itu pendidikan di dalam keluarga, pendidikan di dalam sekolah maupun pendidikan di dalam masyarakat. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah serta untuk mencapai keberhasilan siswa diperlukan adanya keterkaitan antara metode pengajaran dari guru dan upaya siswa itu sendiri dalam menerima dan mengembangkan ilmu yang diterima dari guru. Konsepsi yang terkandung dalam pendidikan tersebut berkecenderungan dapat merubah tingkah laku seseorang dari tingkah laku yang negatif menuju tingkah laku yang positif apabila disertai dengan suatu cara atau metode sehingga usaha manusia dapat mengarah pada tujuan pengembangan potensi baik yang berupa kemampuan belajar, bakat, minat dan ketrampilan bagi kemanfaatan pribadi, keluarga, masyarakat dan negara karena itu pendidikan memegang peranan penting bagi perkembangan suatu bangsa dalam melaksanakan pembangunan tersebut, maka mutu pendidikan harus ditingkatkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang diharapkan.
Konsep diri anak dipengaruhi oleh model orang tuanya. Menurut penelitian yang dilakukan beberapa pakar bahwa buruknya hubungan orang tua dengan anaknya akan mempengaruhi sikap agresif dan disiplin anak di sekolah. Demikian pula sebaliknya, bahwa adanya afeksi, penerimaan dan kehangatan yang diterima oleh anak dari ayah serta ibunya terlihat dari adanya penyesuaian diri dan nilai prestasi akademik yang baik dari anak sekolah.
Siswa yang mendapat pembinaan dan perhatian baik dari orang tuanya mendapat prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua. Itu karena, perhatian orang tua orang tua mempunyai pengaruh yang besar terhadap peningkatan prestasi balajar anak disekolah. Selain itu, diperlukan kerja sama yang intens antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa. Orang tua yang bijaksana hendaknya berusaha membangkitkan kemauan belajar anak dengan tujuan agar anak tetap mempunyai semangat yang tinggi dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah.
Pendidikan yang baik juga dapat dicapai melalui beberapa perubahan dalam metode belajar siswa, salah satunya adalah dengan cara belajar yang efisien. Belajar merupakan inti dalam program pendidikan. Sehingga dapat dikatakan keberhasilan siswa di sekolah ditentukan oleh cara belajar yang efisien dan faktor lain yang mendukung.
Cara belajar yang efisien di sini adalah cara-cara belajar yang memenuhi syarat-syarat efisiensi yaitu dengan usaha sekecil-kecilnya memberikan hasil sebesar-besarnya bagi perkembangan individu yang belajar. Perlu disadari juga bahwa cara-cara belajar yang efisien itu dalam kenyataannya bersifat individual, artinya tergantung pada masing-masing siswa yang bersangkutan. Karena tidak ada dua orang yang menggunakan cara-cara belajar yang dianggap baik dan efisien yang tepat sama (Suryabrata, 1989 : 61)
Pada hakekatnya tujuan para pelajar adalah bukan untuk dapat lulus ujian melainkan untuk menguasai ilmu yang dipelajari dengan sebaik-baiknya, agar kemudian dapat mengembangkan ilmu itu serta mengamalkannya secara baik bagi kepentingan kemanusiaan. Cara-cara yang dipandang baik bagi siswa pada umumnya dalam usaha mengembangkan diri sebagai siswa, melakukan kegiatan belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian dimasa yang akan datang.
Berdasarkan keterangan dari guru SMA, anak dalam belajar perlu perhatian orang tua. Dukungan orang tua mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kepercayaan diri individu dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh anak. Bentuk keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Berdasarkan data awal yang diperoleh fakta bahwa nilai ulangan matematika SMA Negeri 1 xxx khususnya kelas XI masih tergolong rendah yaitu dengan rata-rata 59. Keberhasilan dalam belajar tidak sesuai dengan harapan dapat disebabkan oleh beberapa faktor penghambat yaitu tujuan, guru, anak didik, kegiatan pengajaran, alat evaluasi, bahan evaluasi, dan sarana evaluasi. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa adanya cara belajar dan perhatian orang tua yang baik dapat menunjang prestasi belajar yang baik pula...............Selengkapnya

Download skripsi penelitian pendidikan matematika lengkap dibawah ini:
Download - Mediafire
password: kabehgratis

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

/